Pengertian Processor : Fungsi, Bagian, Jenis dan Cara Kerjanya

Tentu kamu sudah sering mendengar apa itu processor, entah processor untuk komputer maupun HP. Namun, apa sih pengertian processor sebenarnya? Masih banyak yang belum tahu definisi dari processor, mereka hanya paham bahwa processor adalah bagian penting dari komputer atau HP.

Hal ini memang benar, processor bisa dikatakan sebagai otak di komputer atau mesin lainnya. Kualitas processor dalam sebuah mesin akan mempengaruhi performa dari mesin tersebut. Nah, di bawah ini bisa kamu pelajari pengertian dari processor, lengkap dengan komponen, fungsi, jenis dan cara kerjanya.

Pengertian Processor

Jadi, apa yang dimaksud dengan processor? Processor disebut juga sebagai CPU (Central Processing Unit), yang merupakan otak dari komputer. Processor adalah suatu chip yang berupa IC (Integrated Circuit), yang akan mengontrol seluruh kinerja sistem komputer.

Apa saja yang dikontrol oleh processor? Semuanya, intinya processor adalah awal mula, karena semua perintah atau instruksi di komputer dimulai dari processor. Jadi, pemilihan processor yang berkualitas sangat lah penting agar kinerja komputer dapat diandalkan.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa processor adalah pusat atau otak dari kegiatan komputer, entah dalam melakukan perhitungan atau menjalankan tugas seperti input dan output. Processor adalah komponen utama, namun tetap membutuhkan koneksi dengan komponen lain agar komputer bekerja.

Lalu, dimanakah letak processor? Jadi, komponen ini dapat ditemukan di motherboard, dalam bentuk chip IC (Integrated Circuit). Pengguna bisa downgrade dan upgrade processor sesuai dengan kebutuhan, asalkan cocok dengan socket yang ada di motherboard.

Bagian Processor

Berikut ini beberapa bagian dari processor :

1. ALU

ALU (Aritcmatics Logical Unit)adalah bagian processor yang akan melakukan semua perhitungan matematis yang diperintahkan oleh pengguna (sesuai instruksi program).

2. CU

CU atau Control Unit adalah bagian dari processor yang bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, entah itu input maupun output.

3. MU

MU adalah Memory Unit, yaitu alat penyimpanan kecil yang berada di processor, yang memiliki kecepatan akses cukup tinggi.

Fungsi Processor

Selain pengertian processor dan bagiannya, kamu juga harus tahu tentang fungsi dari komponen tersebut. Berikut bisa kamu cek fungsi dari processor :

1. Menjalan Pemrosesan Informasi

Fungsi pertama dari processor adalah untuk menjalankan pemrosesan informasi pada komputer. Komponen informasi merupakan bagian penting di komputer, dan tugas processor lah untuk memprosesnya, entah informasi yang masuk maupun keluar.

2. Integrasi Seluruh Komponen Komputer

Karena sebagai otak komputer, maka fungsi dari processor selanjutnya adalah layaknya otak manusia, yaitu mengatur dan menyatukan seluruh organ dalam tubuh. Jadi, fungsi dari processor adalah mengintegrasikan seluruh komponen dalam komputer, agar bisa saling bekerja sama.

Apa saja komponen-komponen tersebut? Ada banyak, seperti :

  • Chipset
  • Harddisk
  • RAM
  • VGA
  • Dll

Berkat processor, seluruh komponen di atas bisa bekerja sesuai dengan fungsinya, sehingga komputer bisa menjalan instruksi sesuai dengan yang diperintahkan pengguna. Semua komponen di atas pastinya akan terhubung dengan processor, sehingga dapat diatur dan diintegrasikan dengan baik.

3. Mencegah Overlapping Tugas

Fungsi lain dari processor adalah untuk memastikan bahwa komponen lain menjalankan tugas sesuai dengan kapasitasnya. Ya, processor bisa mencegah terjadinya overlapping tugas pada setiap komponen komputer, sehingga semua komponen bisa bekerja sesuai fungsi dan tugasnya.

Misalnya saja ketika pengguna ingin mengakses data atau informasi, maka processor akan memastikan bahwa yang akan bekerja adalah harddisk, bukan komponen lainnya. Hal ini juga berlaku dengan komponen-komponen komputer lainnya.

4. Menjaga Performa Komputer

Maksudnya, performa komputer sangat dipengaruhi oleh sebuah processor. Processor dengan inti yang banyak tentu bisa menghasilkan kinerja yang luar biasa. Namun, hal ini juga harus didukung oleh komponen lainnya, seperti RAM, VGA, harddisk dan chipset.

Cara Kerja Processor

Ada tiga hal dasar yang dilakukan processor, yaitu :

  • Menggunakan ALU untuk menjalankan operasi matematis.
  • Memindahkan data dari satu lokasi di memori ke lokasi lainnya.
  • Mengambil keputusan lalu melompat ke instruksi lain.

Mudahnya, processor akan menerima perintah masuk dari  keyboard, mouse dan lainnya. Selanjutnya processor akan menerjemahkan perintah tersebut, untuk kemudian meneruskan hasilnya kepada software atau hardware untuk dieksekusi.

Jenis-Jenis Processor

Berikut beberapa jenis atau merek processor yang terkenal di pasaran :

1. Intel

Pertama ada Intel, processor yang paling banyak digunakan di komputer maupun laptop. Ada dua kelebihan yang dimiliki oleh processor Intel, yaitu tahan panas dan turbo boost. Turbo boost sendiri adalah fitur di processor Intel yang bisa mempercepat proses kerja pada komputer/laptop.

2. AMD

Berikutnya ada AMD (Advanced Micro Devices), processor yang menjadi saingan terbesar Intel. Sepertinya, AMD sangat disukai para gamer, karena dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. PC gaming lebih banyak yang menggunakan processor dibandingkan dengan Intel.

3. Apple

Apple juga memproduksi beragam software untuk komputer, termasuk processor. Beberapa processor yang diproduksi oleh Apple Inc adalah Apple I, Apple DOS hingga Macintosh.

4. IBM

IBM (International Business Machines Corporation) adalah perusahaan yang juga memproduksi hardware dan software, di antaranya adalah processor. Nama processor yang pernah diproduksi oleh IMB adalah IBM POWER dan Pentium II Xeon

5. IDT

Terakhir ada IDT (Integrated Device Technology), yang memproduksi processor dengan harga murah dibandingkan perusahaan lain. salah satu processor utama yang pernah mereka luncurkan adalah WinChip.

Kesimpulan

Pengertian processor adalah otak yang mengintegrasikan seluruh komponen dalam komputer, sehingga bisa bekerja sesuai dengan perintah yang dimasukkan pengguna. Kualitas processor juga mempengaruhi kinerja komputer, semakin banyak intinya (core), semakin paripurna pula kinerjanya.

Tinggalkan komentar