Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Apa itu perangkat keras komputer? Perangkat keras adalah sebuah komponen komputer yang menunjang pengoperasian komputer berjalan dengan baik. Tanpa adanya perangkat keras, komputer tidak bisa dioperasikan secara maksimal, atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai perangkat keras komputer, mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer atau lebih dikenal dengan sebutan hardware adalah sebuah komponen komputer bersifat fisik yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan suatu perintah yang telah dibuat sebelumnya.

Perangkat keras ini sifatnya dapat dilihat dan disentuh secara langsung, berbeda dengan perangkat lunak komputer yang bersifat digital.

Jenis Perangkat Keras Komputer

Ada 5 jenis perangkat keras komputer, yaitu perangkat input, output, proses, penyimpanan, dan kelistrikan.

Kelima jenis perangkat keras tersebut diatur sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah sistem yang dapat melakukan input, proses, dan output data. 

1. Perangkat Keras Input

Perangkat keras input adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan data ke dalam memori komputer. Berikut ini beberapa contoh perangkat keras input :

  • Keyboard
Keyboard - Perangkat Keras Komputer

Keyboard merupakan perangkat keras input yang berfungsi untuk memasukan data berupa angka, huruf, atau simbol. Terdapat juga beberapa tombol dengan perintah tertentu. Ada banyak jenis keyboard, namun yang paling sering digunakan adalah jenis keyboard QWERTY.

  • Mouse
Mouse - Perangkat Keras Komputer

Mouse adalah perangkat komputer yang berfungsi melakukan input data berupa gerakan kursor, klik, dan scroll. Dulu mouse menggunakan bola untuk menggerakan kursor, namun dengan adanya perkembangan zaman mouse menggunakan sensor cahaya untuk mendeteksi pergerakan.

  • Scanner
Scanner

Scanner adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi merubah dokumen cetak (hardcopy) menjadi file digital (softcopy). Cara kerjanya mirip seperti mesin fotokopi.

  • Optical Drive
Optical Drive

Optical Drive atau Disk Drive merupakan sebuah piringan optik yang memiliki fungsi menulis dan membaca data dari kepingan CD/DVD. Ada beberapa jenis Optical Drive, diantaranya yaitu CD-ROM, ,DVD ROM, CD-RW, DVD RW, dan DVD Combo.

2. Perangkat Keras Proses

Perangkat keras proses adalah komponen komputer yang berfungsi melakukan pengolahan data terhadap data yang dimasukan. Perangkat keras proses utama dari sebuah komputer adalah CPU (Central Processing Unit), VGA, motherboard, dan sound card.

  • CPU (Central Processing Unit)
CPU - Perangkat Keras Komputer

CPU atau prosesor adalah pusat pengendali dan pemrosesan yang mengatur semua aktivitas dan semua instruksi program yang ada di dalam komputer. CPU disebut juga otak dari komputer.

CPU berfungsi memproses data yang masuk sehingga dapat menghasilkan output. Ada beberapa bagian penting dari CPU, yaitu memory unit, ALU (Aritcmatics Logical Unit), dan control unit.

  • Motherboard
Motherboard atau Mainboard

Motherboard atau mainboard adalah papan sirkuit yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menampung berbagai komponen penting komputer seperti CPU, RAM, USB Port, Hard Disk, slot, dan VGA Port.

Motherboard berbentuk seperti sirkuit elektronik yang menjadi tempat lalu lintas data. Dengan adanya perangkat keras ini, semua komponen yang ada di dalam komputer dapat saling terhubung satu sama lain dan bekerja dengan lancar.

  • VGA Card
VGA Card - Perangkat Keras Komputer

VGA atau Video Graphic Array merupakan sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal digital menjadi gambar. VGA memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU atau Graphical Processing Unit.

  • Sound Card
Sound Card

Sound Card adalah komponen yang berkaitan dengan kebutuhan audio di dalam komputer. Perangkat keras ini berfungsi untuk menghasilkan suara dari dalam komputer sehingga dapat didengar melalui speaker atau headphone.

3. Perangkat Keras Output

Perangkat keras output adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan hasil sebuah data yang telah diproses. Berikut adalah contoh perangkat keras output :

  • Monitor
Monitor - Perangkat Keras Komputer

Monitor adalah perangkat yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk grafis. Jenis monitor yang sering digunakan adalah LED dan LCD. Kedua jenis monitor ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu kualitas gambar lebih baik, hemat daya, dan tidak memakan tempat.

  • Speaker
Speaker

Speaker adalah komponen output yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker terdiri dari beberapa bagian, yaitu kumparan, magnet, sekat rongga, membran dan casing.

  • Printer
Printer

Printer merupakan perangkat keras output yang berfungsi untuk mencetak data berupa teks atau gambar ke dalam kertas dengan ukuran tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Proyektor
Proyektor

Proyektor adalah salah satu perangkat output yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display. Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan gambar atau video ke dinding atau layar.

4. Perangkat Keras Penyimpanan

Perangkat keras penyimpanan adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna. Ada dua perangkat keras penyimpanan utama pada sebuah komputer, yaitu penyimpanan volatile (RAM) dan penyimpanan non-volatile internal (HDD/SSD). Berikut contoh-contoh perangkat keras penyimpanan :

  • Harddisk
Harddisk - Perangkat Keras Komputer

Harddisk adalah sebuah perangkat yang berbentuk piringan. Harddisk akan menyimpan data seperti dokumen, gambar, video, atau musik secara permanen. Artinya, data tersebut tidak akan hilang ketika komputer dimatikan, kecuali jika data tersebut dihapus atau terkena virus.

  • SSD
SSD (Solid State Drive)

SSD atau Solid State Drive adalah perangkat keras penyimpanan pengganti harddisk. SSD telah menggunakan chip-chip memori yang saling terhubung dalam penyimpanan data. SSD memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dari hardisk sehingga dapat membuat komputer bekerja lebih maksimal.

  • RAM
Random Access Memory

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan semua perintah dari prosesor. Perintah yang disimpan bersifat sementara. Artinya, perintah tersebut akan hilang ketika komputer dimatikan.

  • ROM
Read Only Memory

ROM atau Read Only Memory adalah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk membaca data dan bersifat permanen.

  • Flashdisk
Flashdisk

Flashdisk juga termasuk dalam perangkat keras penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data eksternal. Kapasitas flashdisk bermacam-macam, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, hingga 128GB atau lebih.

5. Perangkat Keras Kelistrikan

Jenis perangkat keras yang terakhir adalah perangkat keras kelistrikan. Komputer menggunakan power supply untuk mengatur arus listrik ke masing-masing perangkat keras. Berikut beberapa contoh perangkat keras kelistrikan :

  • Power Supply
Power Supply

Power supply berfungsi untuk mensuplai daya dan energi listrik pada komputer. Ada beberapa jenis power supply, yaitu Power Supply ATX dan Power Supply AT.

  • UPS
UPS - Perangkat Keras Komputer

UPS atau Uninterruptible Power Supply berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan listrik utama berhenti atau tidak berfungsi. Dengan kata lain UPS adalah cadangan listrik pada saat tegangan listrik utama mati.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai perangkat keras komputer. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar