Jaringan Komputer : Pengertian, Jenis, Topologi dan Manfaatnya

Apakah kamu pernah mendengar LAN atau WAN? Ya, dua hal tersebut termasuk jaringan komputer. Pengertian jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi, yang membuat komputer bisa saling bertukar data.

Jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai dua atau lebih perangkat komputer yang terkoneksi satu sama lain dan digunakan untuk berbagi sumber data. Di bawah ini akan dijelaskan tentang pengertian dari jaringan komputer, jenis, topologi dan manfaatnya.

Pengertian Jaringan Komputer

Jadi, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer, yang terhubung satu dengan yang lainnya, dan berfungsi untuk berbagi data. Jaringan komputer terdiri dari software maupun hardware, sehingga tercipta sebuah sistem yang bekerja dengan baik.

Untuk membuat jaringan, diperlukan yang namanya router dan switch, yang akan menggunakan algoritma dan protokol. Hal ini berguna untuk bertukar informasi serta membawa data ke titik akhir yang diinginkan pada jaringan tersebut.

Nah, di setiap titik akhir pada jaringan tersebut memiliki pengenal, yang lebih sering disebut sebagai IP Address atau alamat media access control. Titik akhir atau endpoint meliputi server, telepon, komputer, hardware hingga jaringan lain.

Sebagai tambahan, jaringan komputer dapat dibuat dengan menggabungkan teknologi kabel dan wireless. Jaringan yang menggunakan kabel membutuhkan kabel tembaga, optical fiber dan coaxial cable. Sedangkan jaringan wireless menggunakan koneksi data nirkabel untuk menghubungkan endpoint.

Jaringan komputer bisa diatur sesuai kebutuhan, apakah privat atau publik. Jaringan yang privat mengharuskan user untuk memasukkan kredensial agar bisa mengaksesnya. Sedangkan jaringan publik seperti internet tidak membutuhkan izin khusus untuk mengaksesnya.

Jenis Jaringan Komputer

Selain pengertian jaringan komputer, kamu juga harus tahu jenis-jenis jaringan komputer yang paling banyak ditemukan, yaitu :

1. LAN

Pertama ada LAN (Local Area Network), jenis jaringan yang menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang cenderung pendek. Biasanya, LAN dipasang di sebuah gedung perkantoran, kampus, sekolah hingga perumahan.

LAN hanya beroperasi di ruang yang terbatas, biasanya dimiliki dan dikelola oleh hanya satu organisasi dan individu. Yang selama ini kita kenal adalah WLAN, LAN yang menggunakan teknologi jaringan nirkabel dengan WiFi.

2. MAN

Berikutnya ada MAN (Metropolitan Area Network), jenis jaringan komputer yang menggabungkan lebih dari dua LAN dalam kotak yang sama. Ini terjadi jika dua LAN tidak bisa membangun sebuah jaringan, karenanya diperlukan yang namanya MAN.

3. WAN

Ketiga ada WAN (Wide Area Network), adalah jaringan komputer yang terbentuk dari beberapa LAN yang disebar secara geografis. Mayoritas WAN tidak dimiliki oleh organisasi, namun berada di bawah kepemilikan kolektif atau terdistribusi.

WAN sangat berbeda sepenuhnya dari LAN, misalnya saja teknologi yang digunakan. Ya, WAN menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay hingga X.25, yang bisa mewujudkan konektivitas dengan jarak yang lebih jauh/luas.

4. PAN

PAN (Pearson Area Network) adalah jaringan komputer yang mirip dengan LAN, yang hanya mencakup area kecil saja seperti perumahan dan perkantoran. Biasanya, jaringan PAN digunakan untuk membagikan sumber daya seperti internet dan printer.

5. CAN

Berikutnya ada CAN (Campus Area Network), jaringan komputer yang mirip dengan MAN, namun terbatas digunakan di area kampus saja. Jaringan CAN diperlukan untuk aktivitas pendidikan seperti praktik lab, email, ujian, pembaruan kelas, pemberitahuan dan lain sebagainya.

6. Internet

Selanjutnya ada internet, jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh umat manusia, karena bisa menghubungkan banyak perangkat sekaligus. Contohnya saja PC, laptop, server, smartphone, tablet, TV, CCTV dan masih banyak lagi.

7. VPN

Berikutnya ada VPN (Virtual Private Network), jaringan komputer yang menyediakan koneksi internet yang aman. VPN dapat menyediakan jaringan yang aman, dan tidak akan diinterupsi oleh pihak lain. Cocok dimiliki oleh perusahaan yang ingin berbagi file perusahaan yang rahasia.

Topologi Jaringan Komputer

1. Bus

Topologi ini menggunakan kabel sebagai tulang punggungnya, yang akan berfungsi sebagai media telekomunikasi. Perangkat pengirim bisa berkomunikasi melalui kabel tersebut, dan hanya perangkat tujuan yang bisa menerima pesan tersebut.

2. Ring

Dalam jaringan cincin ini, setiap perangkat memiliki dua tujuan komunikasi, di mana setiap pesan akan melewati cincin, baik searah dengan jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam. Topologi ini sering digunakan di perkantoran dan kampus.

3. Star

Topologi jaringan komputer ini sering digunakan di perumahan. Jaringan ini memiliki titik pusat, yang nantinya disebut dengan hub node. Dibandingkan dengan topologi bus, topologi bintang ini lebih banyak membutuhkan kabel.

4. Tree

Topologi ini merupakan gabungan antara topologi bus dan bintang, yang bisa meningkatkan jangkauan jaringan. Tentunya, topologi ini jauh lebih baik dibandingkan dengan topologi bus dan bintang yang berdiri sendiri.

5. Mesh

Terakhir ada topologi mesh, yang mengenalkan konsep rute, di mana pesan yang akan dikirim dapat mengambil salah satu dari beberapa jalur yang tersedia. Beberapa WAN terkadang menggunakan routing mesh, terutama internet.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer banyak digunakan dalam bisnis dengan skala yang besar. Ya, jaringan komputer memang memiliki banyak manfaat, seperti :

  • Berbagi sumber daya, seperti data sharing, hardware sharing dan data backup.
  • Memudahkan komunikasi jarak jauh, bisa berkomunikasi dengan orang dari seluruh penjuru dunia.
  • Memungkinkan akses data dari jarak jauh (remote), tidak perlu membawa harddisk dan flash drive ke mana-mana.
  • Meningkatkan keamanan manajemen data dari kerusakan dan pencurian.

Dari pengertian jaringan komputer di atas, kamu bisa menyimpulkan sendiri bahwa jaringan ini begitu penting. Ya, tanpa adanya jaringan komputer, kita tidak akan bisa menikmati situs dengan konten hiburan yang menarik, seperti Netflix, Youtube, TikTok, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Baca juga : Jenis Komputer

Tinggalkan komentar