Motherboard : Pengertian, Fungsi dan Komponennya

Mengetahui pengertian motherboard menjadi sangat penting khususnya mereka yang terbiasa melakukan otak-atik komputer. Motherboard atau sering disebut juga dengan mainboard, merupakan salah satu titik penting dari sistem pengoperasian komputer ataupun laptop.

Hadirnya motherboard ini bermanfaat untuk menyeimbangkan antara hardware dan software. Jadi, keduanya bisa berjalan secara beriringan dan memaksimalkan seluruh fungsi yang dimiliki oleh komputer.

Pengertian Motherboard

Pengertian Motherboard

Motherboard merupakan semacam papan yang didalamnya terdapat beberapa kumpulan komponen hardware yang dimiliki oleh komputer atau laptop. Pada komponen ini seluruh fungsi dari hardware akan terkumpul menjadi 1 atau terpusat.

Hal ini menjadikan motherboard sangat bermanfaat untuk menunjang fungsi dari komputer. Jadi, semua komponen tidak akan terpisah satu dengan yang lain karena sudah menjadi kesatuan. Sehingga jika terjadi kerusakan bisa langsung terdeteksi dan diperbaiki.

Motherboard biasanya memiliki beberapa komponen penting seperti processor hingga beberapa port. Hadirnya komponen ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan modifikasi pada komputer ataupun laptop yang digunakan agar bisa berjalan lebih maksimal.

Karena motherboard adalah salah satu komponen yang sangat penting, kerusakan yang terjadi pada motherboard bisa menyebabkan masalah yang cukup besar. Penggantian sama halnya dengan mengganti sebagian besar isi dari komputer.

Itulah kenapa apabila terjadi masalah pada motherboard harus segera diatasi. Jika tidak, masalahnya bisa merembet ke beberapa bagian lain dan menyebabkan masalah yang cukup besar.

Fungsi Motherboard

Fungsi Motherboard

Setelah mengetahui pengertian motherboard, mari kita pahami juga fungsi dari motherboard. Berikut ini beberapa fungsi dari motherboard yang kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Transfer Data

Transfer data bisa dilakukan dengan mudah apabila memanfaatkan motherboard. Transfer data ini berjalan dengan sangat cepat sehingga data yang berasal dari komputer ataupun data yang berasal dari luar bisa saling bertukar.

Untuk melakukan pertukaran data ini biasanya dibutuhkan semacam port. Alat ini akan digunakan untuk lalu lintas data dengan mudah sehingga pengguna hanya perlu menyambungkannya apabila membutuhkan. Selain itu, apabila tidak diperlukan lagi bisa langsung dilepas.

Cepat atau lambatnya transfer data ini tergantung dengan jenis hardware yang digunakan. Selain itu tergantung juga dengan jenis port yang dipakai.

2. Tata Letak Komponen

Apabila tidak menggunakan motherboard, maka tata letak komponen pada hardware yang dimiliki oleh komputer akan berantakan. Itulah kenapa motherboard ini digunakan sebagai tempat untuk melakukan proses penataan.

Motherboard biasanya berbentuk kotak yang cukup besar lalu di bagian dalam atau pinggirannya terdapat beberapa komponen yang disusun. Susunan ini dibuat menjadi sangat rapi sehingga apabila terjadi masalah bisa langsung dilakukan proses pengecekan dengan sangat mudah.

Tanpa adanya motherboard maka seluruh komponen akan berdiri sendiri dan tidak bisa menyatu. Jadi, ketika melakukan proses pembongkaran komputer akan menemui banyak sekali hambatan.

3. Menggabungkan Semua Komponen

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika salah satu fungsi terbesar dari motherboard adalah menggabungkan semua komponen. Komputer terdiri dari beberapa komponen yang berbeda dan memiliki fungsi yang bervariasi.

Itulah kenapa perlu dilakukan proses penggabungan terlebih dahulu. Proses penggabungan ini dilakukan secara langsung pada motherboard sehingga seluruh fungsi bisa langsung terpusat. Karena terpusat maka semuanya bisa berjalan dengan lebih cepat.

4. Menyebarkan Daya

Ketika akan menggunakan hardware jenis apapun yang ada pada komputer, daya akan diperlukan untuk melakukan proses pengoperasian. Daya ini berasal dari jaringan listrik yang digunakan atau bisa juga berasal dari baterai.

Tanpa adanya motherboard, maka regulasi pada daya tidak bisa berjalan dengan baik. Padahal setiap komponen membutuhkan daya listrik dengan tingkatan yang berbeda-beda. Jika dayanya lebih besar atau lebih kecil bisa mempengaruhi kualitas dari hardware.

Motherboard digunakan untuk melakukan proses penyebaran daya sesuai dengan kebutuhan di masing-masing komponen. Jadi, daya yang nantinya didapatkan bisa lebih sesuai. Fungsi dari aplikasi juga bisa berjalan secara maksimal.

5. Pusat Komunikasi

Motherboard digunakan sebagai pusat dari komunikasi. Berbagai jenis perintah yang dilakukan oleh pengguna melalui sistem operasi akan langsung diteruskan pada motherboard. Setelah itu,  akan langsung diaplikasikan pada komponen yang dibutuhkan.

Komunikasi yang dilakukan ini bisa berjalan dengan cepat dan sesuai dengan arahan. Jadi, tidak akan melakukan kesalahan sama sekali. Semua bisa berjalan dengan baik sehingga hasil akhir pada layar komputer bisa terlihat.

Komunikasi ini sangat penting karena setiap komponen software maupun hardware tidak akan bisa tersambung secara otomatis. Biasanya akan membutuhkan semacam driver yang juga bekerja sama dengan motherboard agar fungsi bisa dimaksimalkan.

Komponen Motherboard

Komponen Motherboard

Berikut ini beberapa komponen motherboard beserta fungsinya :

1. Chipset

Salah satu komponen paling penting dari motherboard yang biasanya digunakan sebagai penyambung antara processor dengan komponen lain. Sambungan ini sangat bermanfaat karena berbagai jenis hardware atau software tidak bisa berjalan tanpa dukungan dari chipset.

2. Slot PCI

Slot ini digunakan untuk memasang beberapa hardware tambahan yang bermanfaat untuk menunjang fungsi dari komputer. Biasanya dipakai untuk menambahkan WiFi card atau Sound card.

3. Power Connector

Mau bagaimanapun komputer adalah peralatan elektronik yang selalu membutuhkan koneksi listrik. Untuk bisa menjalankan seluruh fungsinya dibutuhkan power connector yang akan melakukan suplai listrik ke seluruh komponen yang ada pada motherboard.

Power connector ini sangat penting dan akan selalu dibutuhkan setiap melakukan operasi. Apabila mengalami kerusakan pada power connector ini maka seluruh fungsi dari motherboard tidak akan bisa berjalan dengan baik. Bahkan komputer tidak akan bisa menyala dengan sempurna.

4. Slot RAM

Ketika menjalankan berbagai jenis software dibutuhkan RAM. RAM yang tinggi akan meningkatkan fungsi dari aplikasi sehingga tidak akan menyebabkan gangguan seperti macet ataupun komputer menjadi hang.

Salah satu bagian terpenting dari motherboard adalah slot untuk RAM. Jumlah slot ini biasanya bervariasi sehingga apabila kamu merasa kurang dengan RAM yang digunakan masih bisa membeli RAM tambahan lalu disambungkan ke sana.

5. Slot AGP

Slot ini berhubungan langsung dengan kartu grafis yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan display. Kartu grafis sangat penting ketika kamu sedang ingin menonton berbagai jenis tayangan video.

Selain itu kartu grafis juga sangat penting untuk mereka yang bekerja sebagai seorang desainer ataupun editor dari video. Karena berbagai jenis aplikasi untuk melakukan proses penyuntingan biasanya membutuhkan kartu grafis dengan kemampuan yang cukup mumpuni.

Baca juga : Pengertian VGA Card : Fungsi, Letak dan Jenisnya

6. South Bridges Controller

Bagian ini digunakan untuk menyambungkan kinerja dari CPU dengan komponen lain yang ada pada motherboard. Adanya proses penyambungan ini membuat kinerja dari komputer tidak akan mengalami penurunan atau menjadi lemot.

7. BIOS

BIOS merupakan program perangkat lunak yang digunakan sebagai sistem operasi pertama sebelum dipasangkan sistem operasi baru. BIOS digunakan ketika melakukan proses instalasi sehingga hasilnya bisa sesuai dengan kebutuhan. BIOS bagian terpenting dari motherboard dan biasanya akan muncul ketika booting.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai pengertian motherboard beserta fungsi, dan komponennya. Memahami seputar motherboard sangat penting bagi mereka yang sedang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan service hardware. Jadi, bisa memaksimalkan seluruh fungsi dari alat ini dan juga memahami apa saja komponen di dalamnya.

Tinggalkan komentar