Pengertian RAM : Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya

Pengertian RAM – RAM adalah sebuah perangkat keras yang memiliki peran penting dalam membantu performa komputer. Kebanyakan orang jika ingin membeli komputer menginginkan RAM dengan kapasitas yang besar. Hal ini karena semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin bagus performa komputer.

Berikut ini pembahasan lengkap mengenai pengertian RAM beserta fungsi dan jenisnya.

Pengertian RAM

Pengertian RAM

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dan berbagai instruksi program lainnya.

Karena bersifat sementara, data yang terdapat di dalam RAM akan hilang ketika komputer dimatikan atau jika tidak ada arus listrik.

Sesuai dengan namanya ‘random access’, RAM dapat diakses secara acak. Banyak yang menyebut RAM sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.

Kapasitas RAM di dalam komputer sangat mempengaruhi tingkat kecepatan proses data. Jadi, jika kapasitas RAM di dalam komputer besar, maka akan semakin cepat juga kinerja komputer dalam membuka data, menyimpan data, menjalankan program dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian ROM

Fungsi RAM

Setelah mengetahui pengertian RAM, mari kita beralih ke fungsi RAM. Untuk apa sih RAM itu? Berikut ini beberapa fungsi dari RAM :

1. Menyimpan Data Sementara

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu fungsi RAM adalah untuk menyimpan data sementara. Hal ini membuat komputer menjadi lebih cepat dalam mengolah data.

Ketika membuka dan menjalankan sebuah program, RAM lah yang berperan sebagai wadah penyimpanan data tersebut.

Data yang diterima RAM akan diteruskan ke CPU atau Central Processing Unit untuk diolah.

2. Mempercepat Performa

Fungsi RAM yang kedua adalah membantu mempercepat proses informasi data yang diterima RAM yang kemudian diteruskan ke CPU. Hal ini akan membuat kinerja CPU menjadi lebih baik sehingga komputer tidak terhambat.

3. Multitasking dalam Komputer

Fungsi RAM yang selanjutnya adalah mendukung penggunaan multitasking dalam komputer. Yang dimaksud multitasking disini adalah kondisi dimana sebuah komputer dapat membuka program secara bersamaan dalam satu waktu.

RAM berperan penting dalam hal ini, semakin besar kapasitas RAM maka proses multitasking akan semakin lancar.

4. Menentukan Spesifikasi Komputer

Dalam membeli sebuah komputer, selain memperhatikan kualitas CPU, kamu juga perlu memperhatikan kapasitas RAM yang diberikan di dalamnya. Pastikan kamu memilih komputer dengan kapasitas RAM yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Penunjang untuk Game dan Desain

Tak heran jika seorang desainer dan gamer profesional memiliki komputer dengan kapasitas RAM yang besar. Dengan kapasitas RAM yang besar akan sangat membantu performa komputer.

Apalagi untuk software editing atau game yang harus dijalankan dengan RAM yang besar. Jika RAM tidak sesuai spesifikasi atau RAM kecil, maka komputer tidak akan bisa menjalankan programnya, dan kalaupun bisa pastinya akan sangat lambat.

Cara Kerja RAM

Bagaimana sih cara kerja RAM itu?

Ketika kita menghidupkan komputer, pertama kali yang diproses adalah processor. Processor ini bertugas untuk meminta dan mengolah data pada media penyimpanan seperti harddisk. Kemudian data tersebut dikirim setelah ada request dari processor.

Nah disini harddisk cenderung lambat dalam memproses data, bahkan 46x lebih lambat dari processor. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka akan terjadi bottleneck.

Untuk itu dibutuhkanlah perangkat lain bernama RAM yang bertugas untuk menyediakan data yang dibutuhkan processor dengan sangat cepat. 

Jenis RAM

Jenis RAM pada sebuah komputer tidak hanya satu, melainkan ada beberapa jenis. Selain namanya yang berbeda, performa setiap jenis RAM juga berbeda. Berikut ini beberapa jenis RAM yang sering digunakan :

1. DRAM

DRAM atau Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang menggunakan satu transistor dan kapasitor dalam setiap satu bit. Hal ini membuat DRAM lebih unggul dari EDO RAM. Frekuensi yang dihasilkan yaitu mulai 4,6 Mhz hingga 40 Mhz.

Namun jika dibandingkan dengan SRAM, DRAM masih di bawahnya dalam memproses data.

2. SDRAM

SDRAM atau Synchronous Dynamic Random Access adalah salah satu jenis RAM yang memiliki kemampuan cukup tinggi dibandingkan dengan jenis RAM lainnya. Kecepatannya mulai dari 100 Mhz hingga 133 Mhz.

RAM jenis ini kompatibel dengan motherboard yang dapat menampung memori dengan ukuran 16 Mb hingga 1 Gb. Ciri-cirinya adalah terdapat dua celah pada bagian kakinya.

3. EDORAM

EDORAM atau Extended Data Out Random Access Memory adalah jenis RAM yang mempunyai 72 pin dalam slot memorinya. RAM jenis ini cocok untuk komputer dengan bus yang mencapai 66 Mhz. Selain itu, RAM ini juga sangat kompatibel dengan semua komputer pentium. Bentuknya sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan RAM SIMM.

4. SRAM

SRAM atau Static Random Access Memory adalah jenis RAM yang terbuat dari semikonduktor yang tidak menggunakan kapasitor. SRAM menggunakan desain cluster dengan 6 transistor, sehingga performa yang dihasilkan menjadi lebih cepat.

5. RDRAM

RDRAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang dikenalkan pada tahun 1995, dimana mampu menghasilkan kecepatan 600 Mb dalam setiap detiknya.

Hingga saat ini RDRAM mampu menghasilkan kecepatan mencapai 16 Gb per detik. Untuk jumlah slot memorinya ada 184 pin.

6. DDR SDRAM

DDR SDRAM atau Double Date Rate SDRAM adalah jenis RAM yang dapat menjalankan dua perintah secara bersamaan dalam satu waktu. RAM jenis ini memiliki jumlah slot memori sebanyak 184 pin.

Demikian pembahasan mengenai pengertian RAM beserta fungsi, cara kerja dan jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Pengertian BIOS

Tinggalkan komentar